Quaternion digunakan untuk menggambarkan rotasi. Quaternion bersifat menyatu sehingga tidak terpengaruh oleh gimbal lock dan mudah diinterpolasi. Unity menggunakan quaternion untuk semua rotasi. Quaternion berbasis bilangan kompleks dan tidak mudah dipahami secara intuitif. Kita hampir tidak pernah untuk mengakses komponen quaternion secara invidual (x,y,z,w). Kita menggunakan quaternion dengan mengambil rotasi yang sudah ada ada dari Transform dan menggunakannya untuk membuat rotasi baru (misalkan interpolasi secara halus antara dua rotasi). Deskripsi dai Fungsi Quaternion adalah sebagai berikut:
STATIC VARIABLE
1. Identitiy = Quaternion tidak melakukan rotasi terhadap objek
VARIABLES
1. eulerAngles = Mengembalikan sudut euleur dari rotasi
2. this[int] = mengakses komponen x,y,z,w. Dimana x = 0, y = 1, z = 2, dan w = 3
3. w = komponen w dari quaternion
4. x = komponen x dari quaternion
5. y = komponen y dari quaternion
6. z = komponen z dari quaternion
CONTRUCTOR
1. Quaternion = membuat quaternion baru dengan komponen x,y,z,w yang diberikan
FUNCTION
1. Set = mensetting komponen x,y,z,w pada quaternion yang sudah ada
2. SetFromToRotation = Melakukan perputaran dari fromDirection ke toDirection
3. SetLookRotation = membuat perputaran dengan arah depan dan atas yang telah dispesifikasikan
4. ToAngleAxis = Merubah rotasi menjadi sudut axis
5. ToString = mengembalikan format quaternion dalam bentuk string
STATIC FUNCTION
1. Angle = Mengembalikan sudut dalam derajat dua rotasi a dan b
2. AngleAxis = Membuat perputaran dengan sudut perputaran disekitar axis
3. Dot = titik yang dihasilkan antara dua rotasi
4. Euleur = Mengembalikan rotasi yang merotasi derajat z pada axis z, derajat x pada axis x, dan derajat y pada axis y.
5. FromToRotation = Membuat rotasi antara fromDirection ke toDirection
6. Inverse = Mengembalikan inversedari rotasi
7. Lerp = Interpolasi antara posisi awal dengan posisi tujuan terhadap waktu dengan hasil yang dinormalisasi sesudahnya
8. LookRotation = Membuat rotasi dengan arah depan dan atas yang telah dispesifikasikan
9. RotateTowards = Merotasi terhadap target
10. Slerp = Interpolasi dengan bentuk bulatan antara awal dengan target terhadap waktu t
OPERATOR
1. operator != (Apakah quaternion berbeda satu sama lain?)
2. operator* (Mengkombinasikan lhs dengan rhs)
3. operator == (Apakah quaternion sama satu sama lain?)
Sumber :
1. http://docs.unity3d.com/ScriptReference/Quaternion.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar