Kamis, 08 Januari 2015

Bagaimana Mengetahui Kebutuhan Pasar




Salah satu poin penting yang perlu diperhatikan pelaku UKM ketika menentukan strategi pemasaran adalah mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan. Dengan mengetahui apa yang diinginkan setiap pelanggan, tentunya Anda bisa menentukan produk atau jasa seperti apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

Karenanya sebelum Anda memutuskan terjun di dunia usaha, penting bagi Anda untuk melakukan penelitian atau survey pasar untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen yang Anda bidik. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan cara sederhana untuk mengetahui minat pelanggan terhadap sebuah produk. Berikut kami informasikan beberapa tips pemasaran untuk mengetahui keinginan pelanggan anda.

1. Bertanya langsung kepada para pelanggan
Strategi sederhana ini sering kita temui langsung di lapangan, namun sebagai konsumen kita tidak sadar bahwa sebenarnya sang pelaku usaha sedang melakukan survey pasar dengan cara paling sederhana untuk mengetahui minat dan kebutuhan para konsumen. Contohnya saja apabila kita membeli produk sabun mandi di toko kelontong, biasanya sang pedagang tak segan-segan menanyakan merek produk sabun yang kita inginkan sebelum mereka memberikan pelayanan. Ketahuilah bahwa dari pertanyaan tersebut, para pedagang warung kelontong bisa menentukan merek sabun apa saja yang paling banyak diminati para konsumen, sehingga di waktu yang akan datang mereka akan berbelanja merek sabun yang paling banyak dipilih konsumen. Mengenai konsumen ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

a.) Siapa konsumen kita
 Jika anda menjual langsung kepada perorangan, cari tahu mengenai jenis kelamin, usia,dan pekerjaan mereka. Jika anda menjual ke perusahaan/korporat cari tahu mengenai jenis industri mereka, lokasi, wilayah operasional, dan jenis bisnis mereka. Misalnya apakah mereka perusahaan swasta kecil atau multinasional besar. Dengan mengetahui hal ini, anda dapat mengindentifikasikan  bisnis serupa yang mungkin dapat anda targetkan.

b.)  Apa yang mereka lakukan
Jika anda menjual langsung kepada perorangan/individu, ada baiknya mengetahui pekerjaan dan kepentingan mereka. Jika anda menjual keperusahaan/korporasi ada baiknya untuk memiliki pemahaman tentang apa yang ingin dicapai oleh bisnis mereka

c.) Mengapa mereka membeli
Jika anda mengetahui mengapa pelanggan membeli produk/layanan anda, maka akan lebih mudah untuk menyesuaikan kebutuhan mereka dengan konsep penawaran anda

d.) Kapan mereka membeli
Jika anda mendekati pelanggan tepat pada saat mereka ingin membeli, maka anda akan meningkatkan kesempatan untuk sukses besar-besaran. Dengan demikian mengetahui kapan mereka membutuhkan produk/layanan anda menjadi sangat penting

e.) Bagaimana mereka membeli
Sebagai contoh, beberapa orang mungkin lebih memilih untuk membeli secara online, sementara yang lain lebih memilih tatap muka langsung.

f.) Berapa banyak uang yang mereka miliki
Anda akan lebih berhasil jika anda dapat menyesuaikan apa yang anda tawarkan dengan kemampuan finansial pelanggan. Untuk produk premium atau produk yang harganya lebih tinggi tampaknya tidak akan berhasil jika sebagian besar pelanggan anda memiliki anggaran terbatas kecuali jika anda dapat mengindentifikasi pelanggan baru dengan daya beli yang cocok

g.) Apa yang membuat mereka merasa nyaman
Jika anda mengetahui apa yang membuat mereka tergerak untuk membeli, maka anda dapat melayani mereka dengan cara yang mereka inginkan.

h.)Apa yang mereka harapkan dari anda
Misalnya jika pelanggan anda mengharapkan pengiriman yang handal dan anda dapat memenuhi permintaan mereka maka bersiaplah untuk mendapatkan bisnis yang berulang

i.)Apa yang mereka pikirkan tentang anda
Jika pelanggan anda senang berbisnis dengan anda, mereka cenderung akan membeli lebih banyak. Dan anda akan bisa mengatasi keluhan pelanggan hanya jika anda tahu apa yang mereka rasakan kurang berkenan.

j.) Apa pendapat mereka tentang pesaing anda
Jika anda mengetahui bagaimana pelanggan anda melihat pesaing anda, maka anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk berada didepan pesaing anda.

2. Jadilah pelanggan bagi bisnis Anda sendiri
Memposisikan diri seolah-olah Anda adalah pelanggan bisnis Anda sendiri bisa cukup membantu para pelaku usaha untuk memahami sudut pandang setiap pelanggan. Dengan strategi tersebut Anda bisa merasakan apa yang mereka rasakan dan mengetahui apa yang mereka butuhkan. Selanjutnya, jangan ragu  untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan yang Anda miliki, agar sudut pandang konsumen terhadap bisnis anda bisa lebih baik.

3. Kuisioner dan survey
Tak jarang para pelaku usaha sengaja membuat kuisioner atau tabel survey untuk mengetahui apa saja keinginan pelanggan dan mengukur seberapa besar kepuasan yang diperoleh setiap pelanggan. Dalam menjalankan strategi ini Anda bisa membuat kuisioner ataupun survey dalam bentuk tertulis maupun interview secara langsung dengan para pelanggan. Cara seperti ini mungkin sering kita temui ketika kita membeli sebuah produk di supermarket, dan ada petugas SPG (sales promotion girl) yang menanyakan data kita untuk melakukan survey pasar.

4. Melihat data statistik pelanggan
Untuk mengetahui keinginan pelanggan, Anda bisa menganalisa apakah pelanggan anda puas terhadap produk yang dijual dengan melihat data statistik pelanggan. Jika mereka terus kembali dan berulang-ulang menggunakan produk atau jasa Anda, bisa diartikan bila produk Anda sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Namun jika rata-rata konsumen hanya membeli produk Anda satu kali saja, maka perlu dipertanyakan lagi kualitas produk yang Anda pasarkan.

5. Lakukan survey dari tenaga penjual yang Anda miliki
Keinginan setiap pelanggan bisa Anda ketahui dari para tenaga penjual yang Anda miliki. Sebab, mereka adalah orang-orang yang paling mengerti apa yang menjadi keluhan pelanggan dan mengetahui pula apa yang banyak dicari pelanggan. Karena itu, jadikan tenaga sales sebagai tangan kanan Anda yang bisa membangun hubungan cukup kuat dengan pelanggan.
Mengingat laris tidaknya sebuah produk di pasaran dipengaruhi oleh tinggi rendahnya keinginan konsumen, jadi pahamilah keinginan pelanggan Anda sebelum menciptakan sebuah produk ataupun pelayanan jasa. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!



Sumber :
1. http://bisnisukm.com/tips-pemasaran-untuk-mengetahui-keinginan-pelanggan.html
2. http://nextgeneration-pelangi.blogspot.com/2011/02/bagaimana-mengetahui-permintaan-pasar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar