Komponen navmesh Agent dapat ditambahkan pada sebuah karakter yang mengizinkan mereka untuk dapat bernavigasi dari satu tempat ke tempat lain disepanjang Navigation Mesh. Agent memulai aksinya dengan menggunakan informasi yang tersimpan pada mesh untuk mengkalkulasi jalur yang optimal, dengan jalur yang dikalkulasi maka agent bertanggung jawab untuk menggerakan objek secara otomatis disepanjang jalur.
Properties
Radius | Radius around the agent within which obstacles should not pass. |
Speed | Maximum movement speed (in world units per second). |
Acceleration | Maximum acceleration (in world units per second squared). |
Angular Speed | Maximum speed of rotation (degrees per second). |
Stopping distance | Minimum distance from the target within which the agent can stop. |
Auto Traverse OffMesh Link | Should off-mesh links be crossed automatically without intervention from a script? |
Auto Repath | Should a new path be calculated if the current one becomes obstructed or invalid? |
Auto Braking | Should the agent automatically slow down as it approaches the target point? |
Height | The height clearance the agent needs to pass below an obstacle overhead. |
Base offset | Height difference between the anchor point of the GameObject and the centre point of the agent’s cylinder. |
Obstacle Avoidance Type | An approximate quality level for obstacle avoidance. |
Avoidance Priority | Agents of lower priority will be ignored by this agent when performing avoidance. The value should be in the range 0..99 where lower numbers indicate higher priority. |
NavMesh Walkable | Specifies the Navmesh layers that the agent can traverse. |
Agent didefinisikan sebagai cylinder tegak lurus dimana ukurannya disepesifikasikan dengan property Radius dan Height. Cylinder bergerak bersama objek namun tetap tegak lurus bahkan ketika objek tersebut berotasi, tujuannya adalah untuk mendefinisikan area rintangan yang tidak dapat dilewati. Agent bertujuan untuk menjaga jarak radius yang lebih besar dari titik pusat dan permukaannya dan tidak dapat melewati atap yang lebih rendah dari property height.
Ketika sebuah agent secara bertahap mempercepat hingga batasnya maka sebenernya target point akan terlewati, karena itu Stopping Distance memberikan solusi dengan asumsi bahwa destinasi sudah tercapai dan dapat berhenti sedangkan Auto Braking akan membuat agent memperlambat diri secara otomatis ketika didekat target.
Sumber :
1. http://docs.unity3d.com/Manual/class-NavMeshAgent.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar